Image of Sekolah Merdeka - Pendidikan Pemerdekaan

Text

Sekolah Merdeka - Pendidikan Pemerdekaan



Di tengah perkembangan pendidikan dasar dan berbagai kebijakan pemerintah yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan dasar, cita-cita Y.B. Mangunwijaya mengenai pendampingan para guru untuk membangun budaya belajar dalam hal pengenalan terhadap para murid, pola asuh, dan jiwa keguruan serta semangat asah, asih, asuh masih perlu diperjuangkan terus-menerus.
Bagi Y.B. Mangunwijaya, guru bagaikan bidan yang membant lahirnya perkembangan karakter, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dibawa oleh masing-masing anak. Tugas utama guru adalah mengenali dan mengembangkan bakat atau modal dasar setiap anak agar masing-masing pribadi terbantu untuk berkembang secara utuh dan optimal. Dengan demikian, modal dasar yang dikembangkan dalam proses pendidikan dasar mencukupi bagi setiap anak untuk melanjutkan proses belajar seumur hidup.
Gagasan Y.B. Mangunwijaya (1929-1999] tentang guru sejati, pohon kurikulum, modal dasar anak, dan eskperimentasi pendidikan perlu dibaca lagi secara kontekstual sebagai titik pijak untuk mengembangkan pemikiran pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman.


Ketersediaan

I20661-C1I20661My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I20661
Penerbit Penerbit Buku Kompas : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 21 cm / 270 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232415171
Klasifikasi
370.114 / MAN / s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini